Sabtu, 21 Maret 2020

Tutorial Dan Panduan Menggunakan Turnitin Secara Lengkap

Turnitin adalah layanan pendeteksi plagiarisme komersial yang berbasis di Amerika diluncurkan pada tahun 1997. Universitas dan sekolah menengah biasanya membeli lisensi untuk menggunakan perangkat lunak sebagai situs Web Layanan (SaaS), yang memeriksa dokumen yang diserahkan berdasarkan pada basis data dan konten situs web lain untuk tujuan mengidentifikasi plagiarisme. Hasil dapat mengidentifikasi kesamaan dengan sumber yang ada, dan juga dapat digunakan dalam penilaian formatif untuk membantu siswa belajar menghindari plagiarisme dan meningkatkan tulisan mereka.

Siswa mungkin diminta untuk menyerahkan pekerjaan kepada Turnitin sebagai persyaratan untuk mengambil kursus atau kelas tertentu. Perangkat lunak telah menjadi sumber kontroversi, dengan beberapa siswa menolak untuk menyerahkan, dengan alasan bahwa meminta pengiriman menyiratkan anggapan bersalah. Beberapa kritikus menuduh bahwa penggunaan perangkat lunak berpemilik ini melanggar privasi pendidikan serta hukum kekayaan intelektual internasional, dan mengeksploitasi karya siswa untuk tujuan komersial dengan menyimpannya secara permanen di dalam database Turnitin yang dimiliki secara pribadi. 

Perusahaan induk Turntin, iParadigms LLC, menjalankan situs informasi Plagiarism.org dan juga menawarkan layanan pendeteksi plagiarisme serupa untuk editor surat kabar dan penerbit buku dan majalah yang disebut iThenticate. Alat lain yang disertakan dengan Turnitin Suite adalah GradeMark (penilaian online dan umpan balik) dan PeerMark (layanan peer-review). Turnitin merilis WriteCycle Suite pada 3 Februari 2009, yang menggabungkan layanan pemeriksaan orisinalitas dengan alat penilaian GradeMark Online dan alat PeerMark. Jargon Turnitin merilis Turnitin pada 4 September 2010, membatalkan nomenklatur "WriteCycle".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar